saham yang aman untuk pemula

Rekomendasi 5 Saham yang Aman untuk Pemula

Saham menjadi bentuk instrumen investasi menjanjikan. Maka dari itu, ada banyak investor yang mencoba untuk terjun ke dalam dunia saham. Saham yang aman untuk pemula pun mulai banyak dicari. Tujuannya adalah untuk menghindari risiko kerugian yang tinggi.

Dalam dunia saham, ada saham yang berpotensi memberikan keuntungan berkali lipat atau dikenal dengan sebutan multibagger. Walaupun begitu, tampaknya banyak investor pemula yang masih kesulitan dalam menentukan saham. Berikut adalah rekomendasi saham yang aman bagi pemula:

1. Global Mediacom (BMTR)

Perusahaan ini menaungi banyak perusahaan besar seperti RCTI, MNC TV, Global TV hingga Okezone. Bukan hanya bergerak dalam dunia media massa dan pertelevisian saja, Global Mediacom juga mengembangkan aplikasi media online yang berbasis subskripsi, seperti Roov dan Vision.

Performa dari perusahaan ini sangat cemerlang sehingga layak untuk dijadikan pilihan ketika hendak membeli saham. Pada kuartal ketiga tahun 2021 lalu, saham BMTR bahkan mampu memperoleh laba bersih hingga Rp 1,9 triliun atau meningkat Rp 700 miliar dari kuartal sebelumnya.

2. Bank Rakyat Indonesia (BBRI)

Saham yang aman untuk pemula juga datang dari sektor perbankan yaitu BBRI. Sebagaimana banyak orang tahu bahwa Bank BRI menjadi bank terbaik di Indonesia dan terus tumbuh hingga kini. Nasabah serta kreditur bank BRI sendiri sudah tersebar hingga ke seluruh penjuru Indonesia.

Tidak heran jika potensi keuntungan dalam jangka waktu yang lama dari saham BBRI sangat menjanjikan. Bahkan selama pandemi, kinerja perusahaan BRI pun tetap positif . Bahkan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 19 triliun di tahun 2021. Tahun ini pun sudah mulai meningkat tinggi.

3. Bank Negara Indonesia (BBNI)

Selain BBRI, ada saham lain yang datang dari perbankan yaitu BBNI. Saham dari perusahaan BUMN ini masuk ke dalam saham blue chip terbaik di BEI. Melihat dari kinerja perusahaan yang baik, disinyalir saham BBNI akan memberikan keuntungan yang tinggi.

Terlebih pada tahun 2021, Bank BNI mampu merealisasikan investasi dengan memuaskan. Walaupun sempat terpaksa melakukan restrukturisasi ketika pandemi. Namun ternyata program tersebut justru menunjukkan kinerja perusahaan yang baik. Kebijakan tersebut mampu memberikan perbaikan ekonomi dari perusahaan.

4. Mitrabahtera Segara Sejati (MBSS)

Berikutnya ada saham yang aman untuk pemula yaitu MBSS. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pengiriman bahan bakar fosil seperti batubara. Maka dari itu, potensi bisnis ini akan meningkat ketika permintaan batu bara dunia mulai naik. Walaupun harga saham sempat turun, namun MBSS meningkat kembali.

Beberapa investor ternama bahkan mempertimbangkan untuk membeli saham ini, mulai dari investor pemula maupun senior. Bukan hanya karena memiliki performa dan kinerja perusahaan yang baik. Namun harga dari saham MBSS ini cukup murah, yaitu sekitar Rp 1.015 per saham.

5. Petrosea (PTRO)

Berikutnya adalah saham PTRO yang adalah anak perusahaan Indika Energy (INDY). PTRO pun menunjukkan performa yang positif di sepanjang tahun 2021 lalu. Saham dari perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan ini layak dibeli. 

Sementara itu, INDY sudah memiliki saham di PTRO sebanyak lebih dari 704 juta. Dengan rincian 69,80 persen dari seluruh aset. Harga saham PTRO ini adalah Rp 2.990 per lembar atau Rp 299.000 per lot.

Itulah beberapa saham yang aman untuk pemula dan banyak direkomendasikan. Sebelum memutuskan untuk membeli saham, pastikan untuk mencari tahu kinerja dari perusahaan yang hendak dipilih. Tujuannya adalah untuk bisa memprediksi keuntungan di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.