saham bbri dunia investasi

Mengenal Saham BBRI Dunia Investasi Lebih Dekat

Di Indonesia ada empat bank yang banyak diminati oleh investor, salah satunya yaitu PT. Bank Rakyat Indonesia dengan kode emiten BBRI. Fundamental dari saham BBRI dunia investasi pun sangat penting untuk diketahui. Terlebih sebelum memutuskan untuk menjadi salah satu pemilik saham.

Namun sebelumnya, perlu diketahui bahwa saham BBRI menjadi emiten BUMN yang banyak dicari investor di BEI. Bagaimana tidak, kapitalisasi dari saham ini bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan dua bank BUMN yang lain seperti Bank Mandiri dan Bank BNI.

Prospek Saham BBRI di Tahun 2022

Sebagaimana banyak orang yang tahu, bahwa ekonomi di tahun 2022 masih dalam keadaan tidak stabil. Meskipun begitu, Sunarso selaku CEO BRI Group tetap optimis jika tahun ini BBRI tetap bisa mendulang kinerja positif dan melebihi pencapaian di tahun 2021.

Hal ini seiring dengan transformasi yang telah dijalankan oleh BBRI itu sendiri. Terbukti di kuartal I pada tahun 2022 ini, BBRI berhasil memperoleh laba bersih senilai RP 12,22 triliun. Yang artinya mengalami kenaikan hingga 78,13% year on year.

Sementara untuk asetnya tercatat mencapai angka Rp 1.650,28 triliun atau naik 8,99% year on year. Lebih lanjut, diprediksi bahwa di tahun 2022 ini BBRI akan memperoleh laba hingga Rp 45 triliun.

Jika hal tersebut tercapai, artinya akan menjadi pencapaian terbesar sepanjang sejarah perolehan laba bank nasional. Lantas para investor saham BBRI dunia investasi pun akan memperoleh dividen dalam jumlah yang tinggi di tahun 2022 ini.

Fundamental Perusahaan Bank BRI

Ketika hendak memutuskan untuk membeli saham BBRI, tentunya fundamental perusahaan menjadi hal paling penting untuk diperhatikan. Walaupun semua orang tahu bahwa BRI menjadi bank pemerintah paling besar di Indonesia. Di kuartal II-2022 ini BRI menargetkan harga di Rp 5.500.

Peluang untuk naiknya laba bersih bisa dilihat dari pesatnya pertumbuhan PPOP hingga Mei 2022 yakni sebesar 31%. Dapat dibilang angka ini merefleksikan sekitar 46,5% dari target perolehan sepanjang tahun ini. BRI juga mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 9,5% hingga Mei 2022.

Sementara itu, perseroan juga berhasil menyalurkan KUR senilai Rp 104,5 triliun sepanjang Januari-Mei 2022 kepada 2,7 juta UMKM. Sementara untuk biaya dana, menunjukkan tren penurunan yang juga sejalan dengan pertumbuhan CASA. Yang mana BBRI memperkirakan laba bersih melesat hingga Rp 37,49 triliun tahun ini.

Tips Sukses Menjalankan Saham BBRI Dunia Investasi

Ketika baru saja terjun di dunia investasi seperti saham BBRI, maka membutuhkan beberapa tips sukses. Dengan begitu, investasi yang dipilih bisa berjalan sesuai harapan. Adapun tips sukses untuk menjalankan investasi saham BBRI adalah sebagai berikut:

1. Mengelola Keuangan dengan Bijak

Ketika ingin sukses dalam berinvestasi, maka penting sekali untuk bisa mengelola keuangan dengan baik. Sebab ketika keuangan berantakan, maka bisa dipastikan investasi yang dilakukan tidak berjalan lancar. Oleh sebab itu, pastikan seorang investor memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Pastikan untuk mengatur pos pengeluaran uang dengan bijak. Mulai dari membayar tagihan bulanan, makan, belanja bulanan, tabungan, dana darurat, hiburan hingga dana investasi.

2. Memilih Jenis Investasi yang Dipahami

Ketika akan melakukan investasi saham, maka harus memilih jenis investasi yang paling dipahami. Jangan hanya mengikuti saran teman atau sekedar ikut-ikutan saja. Artinya, jangan sembarangan dalam menentukan jenis investasi.

Investor bisa memilih investasi sesuai dengan kebutuhan serta tujuan keuangan. Misalnya, bagi para investor pemula maka bisa memilih jenis investasi dengan modal yang terjangkau. Pastikan jenis investasi tersebut memiliki risiko yang rendah.

Itulah informasi mengenai saham BBRI dunia investasi yang layak untuk dipertimbangkan. Melihat fundamental dari saham BBRI, tentunya investor bisa mengetahui apakah BBRI memang layak untuk diinvestasikan atau tidak. Namun demikian, tetap cari informasi terkait saham BBRI sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia investasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.