klaim asuransi meninggal dunia bri

Cara Klaim Asuransi Meninggal Dunia BRI Paling Cepat 

Bagi Anda yang memiliki asuransi jiwa ini tentu sangat beruntung, karena penjaminan biaya kesehatan ini bisa mencapai seumur hidup. Contoh penyedia asuransi jiwa terbaik ini adalah BRI Life. Cara klaim asuransi meninggal dunia BRI Life ini sangatlah gampang dan cepat, sehingga tidak membebankan keluarga yang ditinggalkan. 

Anda tidak perlu khawatir, karena proses klaim dari asuransi BRI Life cukup cepat dan mudah. Bagi Anda yang memiliki waktu terbatas, pengklaiman asuransi dari BRI Life ini tidak akan menghabiskan waktu yang dimiliki. 

Mengenal Asuransi BRI Life 

Anda tentu mengenal Bank BRI sebagai salah satu perbankan di Indonesia yang melayani jasa keuangan untuk seluruh masyarakat. Sebenarnya, Bank BRI juga menyediakan layanan produk asuransi jiwa untuk setiap nasabah yang menginginkannya dengan nama BRI Life. 

Anda bisa mendapatkan asuransi jiwa BRI Life dengan melakukan pengajuan polis asuransi melalui Bank BRI terdekat. Manfaat asuransi jiwa dari BRI Life ini mirip dengan asuransi sejenisnya dari perusahaan asuransi lain. Sehingga, Anda tak perlu khawatir akan manfaat yang diberikan tersebut. 

Dokumen Klaim Asuransi Meninggal Dunia BRI 

Anda yang ingin melakukan klaim atas asuransi untuk pemegang polis asuransi yang meninggal dunia dari BRI Life ini perlu memperhatikan hal berikut. Ada cukup banyak dokumen yang menjadi syarat dalam pengklaiman asuransi BRI Life tersebut. Adapun syarat dokumen yang perlu dipersiapkan, antara lain: 

1. Syarat Dokumen Meninggal Dunia Bukan Kecelakaan 

Nasabah yang memiliki polis asuransi BRI Life dan telah meninggal dunia, maka keluarga atau ahli waris akan menerima manfaat dari asuransi ini. Pihak BRI akan memberikan santunan kematian untuk ahli waris yang telah ditinggalkan tersebut sesuai dengan polis asuransi tertulis. 

Proses pencairan dari asuransi BRI Life ini memang tidaklah rumit dan dapat dilakukan secara cepat asalkan seluruh persyaratan telah terpenuhi. Anda yang hendak melakukan pencairan asuransi meninggal dunia yang bukan disebabkan karena kecelakaan ini, bisa menyiapkan dokumen berikut: 

  • Surat/akta kematian dari rumah sakit atau desa setempat. 
  • Polis asuransi yang asli.
  • Identitas diri dari nasabah pemegang polis dan ahli waris. 
  • Resume atau rekam medis dari rumah sakit/ pelayanan kesehatan terakhir sebelum meninggal. 
  • Fotokopi buku tabungan untuk proses pencairan dana. 

2. Syarat Dokumen Meninggal Dunia Kecelakaan 

Anda tentu tidak dapat mengetahui musibah itu bisa terjadi kapan. Akan tetapi, melalui polis asuransi jiwa ini bisa menjadi persiapan untuk menjamin biaya yang telah dikeluarkan bila musibah tersebut terjadi. 

Syarat dokumen yang diperlukan dalam proses pencairan asuransi atas meninggal dunia karena kecelakaan dan bukan kecelakaan cukup berbeda. Anda yang hendak melakukan klaim atas asuransi meninggal dunia karena kecelakaan perlu memperhatikan sejumlah ketentuan dokumen berikut: 

  • Surat kronologis kecelakaan dari kepolisian setempat. 
  • Surat kematian dari desa setempat/rumah sakit/kepolisian jika meninggal ditempat. 
  • Polis asuransi yang asli. 
  • Identitas diri nasabah pemegang polis dan ahli waris. 
  • Rekam medis dari rumah sakit (jika ada). 
  • Fotokopi buku tabungan untuk pencairan dana asuransi. 

Cara Klaim Asuransi Meninggal Dunia 

Anda yang melakukan klaim asuransi dari BRI Life ini tak perlu khawatir atas lamanya waktu pencairan. Cara yang harus ditempuh dalam proses klaim asuransi meninggal dunia ini pun sangatlah gampang. Adapun cara klaim tersebut antara lain: 

1. Menyampaikan Berita Kematian Kepada Pihak Asuransi 

Anda sebagai ahli waris dari pemegang polis asuransi sebaiknya segera menyampaikan berita kematian ini kepada pihak asuransi. Karena terdapat sejumlah pihak asuransi tidak mencairkan dana asuransi tersebut atas keterlambatan pencairan. Untuk itu, Anda harus menyampaikan berita kematian ini terlebih dahulu dan proses klaim menyusul. 

2. Persiapkan Dokumen Sesuai Dengan Ketentuan 

Pastikan Anda telah menyiapkan dan membawa dokumen pencairan sesuai dengan syarat yang telah diberikan. Demi kelancaran proses pencairan, cek ulang syarat dokumen yang perlu dibawa tersebut sebelum berangkat atau proses pencairan berlangsung. 

3. Tunggu Masa Verifikasi dan Pencairan Uang 

Setelahnya, sebagian pihak asuransi perlu waktu untuk masa tunggu verifikasi. Nantinya, pihak asuransi akan memberikan informasi mengenai pencairan uang dan transfer uang santunan kematian tersebut. 

Itulah informasi mengenai cara klaim asuransi meninggal dunia BRI Life secara gampang dan cepat. Asuransi jiwa ini tidak hanya memberikan manfaat untuk kehidupan nasabah sendiri, melainkan juga ahli waris dari nasabah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.