jenis jenis asuransi syariah

Mengenal Jenis Jenis Asuransi Syariah dan Perbedaannya dengan Konvensional

Asuransi menjadi salah satu kebutuhan penting untuk dipenuhi di zaman sekarang. Kini hadir pula jenis jenis asuransi syariah yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Tentu saja, tipe asuransi yang dipilih tetap harus sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas diri sendiri.

Bagi yang tidak ingin terjebak pada sistem asuransi konvensional dengan sistem riba, maka asuransi syariah memang jadi pilihan yang tepat. Mari kenali lebih jauh tentang jenis asuransi ini dan apa perbedaannya dengan tipe konvensional. 

Pengertian

Sebelum masuk ke pembahasan jenis jenis asuransi syariah, mari pahami dulu pengertiannya. Ini merupakan jenis asuransi yang dilakukan dengan konsep pengumpulan serta pengelolaan dana tabarru. Polanya mengikuti sistem pengembalian dana tertentu melalui akad sesuai prinsip syariah. 

Bisa diartikan pula bahwa asuransi syariah ini merupakan upaya saling menolong dan melindungi antar peserta. Penerapan operasionalnya sesuai dengan hukum syariat Islam. Sistemnya memakai prinsip sharing of risk dan risiko satu orang akan menjadi beban semua orang yang memegang polis. 

Asuransi syariah di Indonesia sudah dipastikan halal oleh pihak MUI. Dasar hukumnya adalah fatwa No. 21/DSN-MUI/x/2001. Melalui dasar hukum ini, bisa dipastikan bahwa asuransi dengan prinsip syariah ini sudah aman untuk digunakan. 

Jenis Jenis Asuransi Syariah

Ada berapa jenis asuransi dengan konsep syariah yang beredar di Indonesia. Masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan jenis asuransi sesuai kebutuhannya tanpa melanggar syariat Islam. Berikut adalah jenis-jenisnya yang bisa ditemukan:

1. Asuransi Jiwa Syariah

Ini merupakan asuransi yang akan mengantisipasi risiko kematian bagi tulang punggung keluarga dengan prinsip syariah. Biasanya asuransi seperti ini akan ditawarkan oleh perusahaan dengan berbagai jenis varian. Mulai dari asuransi jiwa kredit syariah hingga asuransi jiwa haji. 

Jenis asuransi ini banyak diminati oleh masyarakat. Keuntungannya memang cukup besar dan bisa memberikan jaminan perlindungan yang terasa sangat menguntungkan. Apalagi bagi klien yang memiliki banyak tanggungan anggota keluarga.

2. Produk Asuransi Kesehatan Syariah

Berikutnya ada produk asuransi kesehatan berbasis syariah. Ini juga merupakan jenis asuransi yang sangat populer di kalangan masyarakat. Tentunya jenis asuransi ini sangat dibutuhkan karena berhubungan dengan kebutuhan pokok masyarakat yaitu kesehatan. 

Asuransi ini akan memberikan jaminan biaya untuk kebutuhan perawatan medis sang klien. Tentu saja pemberian jaminan biaya ini dilakukan dengan prinsip syariah. Variannya pun sangat beragam sesuai dengan jumlah premi yang diberlakukan. 

3. Asuransi Syariah Umum

Selanjutnya ada asuransi syariah umum yang mencakup berbagai jenis risiko kerugian dalam hidup. Salah satu varian produk  asuransi syariah umum ini ialah asuransi mobil berbasis syariah. Bagi pemilik kendaraan mobil, tentunya jenis asuransi ini sangat bermanfaat. 

Jenis asuransi ini memiliki banyak cakupan, jadi pastikan untuk mempelajari polis dengan cermat. Pilih varian produk asuransi syariah yang benar-benar sudah sesuai kebutuhan sekaligus cocok dengan kapasitas diri. 

4. Reasuransi Syariah

Ada pula reasuransi syariah yang merupakan perusahaan jasa dengan fungsi melayani jasa asuransi untuk perusahaan asuransi berprinsip syariah. Jadi, reasuransi ini akan menjamin risiko dari perusahaan asuransi yang memberi penawaran kepada masyarakat. 

Secara sederhana, reasuransi syariah akan membantu perusahaan asuransi untuk memenuhi klaim dari klien atau nasabahnya. Tentu saja sistemnya tetap menganut hukum-hukum syariah Islam. 

Kenali jenis jenis asuransi syariah terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan. Jika sudah menemukan pilihan perusahaan yang tepat, pastikan untuk membaca polis dengan cermat. Pilihlah jenis asuransi berbasis syariah yang bukan hanya menguntungkan dari segi sistem namun juga biaya pertanggungannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.