jam kerja bursa saham indonesia

Informasi Lengkap Jam Kerja Bursa Saham Indonesia yang Wajib Diketahui

Jam kerja bursa saham Indonesia wajib diketahui oleh para investor dan trader dan menjadi informasi mendasar. Sebab menunjukkan waktu yang diberikan oleh lembaga bagi investor maupun trader dalam jual beli saham. Jam perdagangan dalam saham ini merupakan informasi mendasar yang harus dipahami sebelum bertransaksi.

Pasalnya, ketika melakukan jual beli saham di luar jam bursa yang sudah ditentukan maka transaksi tersebut tidak sah atau tidak berhasil. Sebab dalam transaksi saham akan ada beberapa lembaga yang mengawasi agar transaksi berjalan dengan tepat.

Jam Perdagangan Saham di Indonesia

Adapun jam kerja bursa saham Indonesia berpedoman pada waktu JATS. Di bawah ini adalah jam perdagangan saham yang berlangsung di Indonesia: 

1. Jam Perdagangan Pasar Reguler

Untuk pasar reguler, perdagangan saham berlangsung dari hari Senin sampai Jum’at. Pada sesi I, investor bisa memulainya pada jam 09.00.00-11.30.00. Adapun utnuk sesi II bisa dilakukan pada jam 13.30.00-14.49.59. Beberapa sesi yang terdapat pada pasar reguler antara lain: 

  • Pra Pembukaan: Penawaran jual atau permintaan beli (08.45.00-08.59.00). Pembentukan harga oleh JATS (08.59.01-08.59.59).
  • Pra Penutupan: Penawaran jual atau permintaan beli (14.50.00-14.58.00), rentang waktu penutupan (14.58.01-15.00.00). Pembentukan harga penutupan oleh JATS (15.00.01-15.00.59).
  • Pasca Penutupan: penawaran jual atau permintaan beli serta pembentukan harga oleh JATS (15.01.00-15.15.00).

2. Jam Perdagangan Pasar Tunai

Pasar tunai atau cash market merupakan jenis pasar yang hampir sama dengan pasar reguler. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan pada sistem pembayaran. Untuk saham yang diperdagangkan dalam pasar tunai pasti menggunakan satuan lot.

Sementara mekanisme penyelesaian transaksi di pasar tunai adalah dengan standar T+0 (hari itu juga). Pada pasar tunai ini hanya terjadi sesi I saja yang berlangsung pada hari Senin sampai Jum’at. Adapun jam kerja bursa saham Indonesia di pasar tunai berlangsung pada pukul 09.00.00-11.30.00.

Walaupun perdagangan berlangsung dengan sistem negosiasi namun dibayarkan secara tunai. Sebagai informasi, pada pasar tunai ini biasanya digunakan untuk menyelesaikan gagalnya anggota bursa ketika memenuhi kewajiban pada pasar reguler maupun pasar negosiasi.

Sebagai contoh adalah transaksi short selling. Penyelesaian yang dilakukan adalah menggunakan prinsip pembayaran juga penyerahan seketika (cash and carry).

3. Jam Perdagangan Pasar Negosiasi

Pada pasar ini terjadi tawar menawar yang dilakukan secara individu dengan anggota bursa beli atau jual. Prinsip yang digunakan yaitu kurs terakhir yang terjadi di pasar reguler. 

Untuk aturan di pasar negosiasi sendiri terbilang tidak begitu banyak. Sebab pada pasar ini tidak menetapkan batasan atas maupun bawah. Dengan kata lain menggunakan sistem auto rejection di setiap harga saham.

Artinya investor yang ingin bertransaksi dengan harga saham di atas auto rejection wajib memberikan laporan ke pihak BEI. Investor harus memberikan alasan dan tujuan dengan jelas.

Adapun jam perdagangan di pasar ini terjadi setiap hari Senin sampai Jum’at. Sesi I terjadi pada jam 09.00.00-11.30.00, sementara sesi II terjadi pada jam 13.30.00-15.30.00.

Waktu Terbaik untuk Membeli Saham

Mengingat ada beberapa jam kerja bursa saham Indonesia yang tersedia, menuntut para investor dan trader untuk memahami waktu yang tepat dalam membeli saham. Menurut para ahli waktu untuk membeli sahamyang terbaik yaitu bulan Februari, Mei, Agustus serta November.

Itulah informasi terkait jam kerja bursa saham Indonesia saat ini. Pertimbangkan juga untuk membeli saham di tiap kuartal atau empat kali setahun. Mulailah untuk membeli saham yang murah dengan fundamental yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.