investasi saham halalkah

Investasi Saham Halalkah Atau Haram? Begini Pandangan MUI 

Anda yang berprofesi investor muslim tentu akan sangat memperhatikan hukum dari setiap kegiatan investasi tersebut. Misalnya saja, hampir setiap investor masih belum paham hukum investasi saham halalkah atau haram. Anda sebagai muslim tentu harus mencari tahu akan hal ini. 

Untuk investor muslim hukum dari kegiatan investasi saham ini harus jelas sebelum melakukannya. Hal ini berkaitan dengan keuntungan yang diperoleh dari investasi saham ini halalkah atau haram. 

Mengenal Investasi Saham 

Siapa yang tidak mengetahui kegiatan investasi saham ini? Hampir seluruh masyarakat awam mengenal jenis dari investasi saham ini, meskipun mereka tidak paham secara pasti seperti apa kegiatannya. Banyak investor yang lebih tertarik untuk melakukan investasi saham ini daripada jenis investasi yang lain. 

Sederhananya, Anda melakukan penanaman modal kepada sejumlah perusahaan tertentu untuk mengelola uang tersebut. Saham ini sebagai bentuk fisik dari uang investor yang dikelola perusahaan tersebut. 

Banyak investor yang menilai investasi saham ini menjadi kegiatan yang halal apabila dilihat secara kasat mata dari kegiatan yang dilakukan tersebut. Padahal tersebut tidaklah tepat. Hukum dari suatu kegiatan ini tidak dapat dinilai secara kasat mata saja, haruslah melalui kajian yang mendalam. 

Hukum Investasi Saham 

Anda sebagai investor muslim tentu harus mengetahui secara pasti mengenai hukum dari investasi saham tersebut. Apabila Anda tidak mengetahuinya, dikhawatirkan akan membawa malapetaka untuk kehidupan di dunia dan akhirat. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah memberikan fatwa khusus mengenai hukum dari berinvestasi saham tersebut. MUI memperbolehkan kegiatan investasi saham ini dengan memperhatikan sejumlah syarat dan ketentuan. Untuk mengetahui syarat dan ketentuan tersebut, simak ulasan berikut: 

1. Alasan Investasi Saham Halal 

Setiap investor muslim bisa melakukan kegiatan investasi saham ini dengan memperhatikan sejumlah ketentuan. Apabila Anda memperhatikan ketentuan tersebut, maka kegiatan investasi saham ini menjadi halal. Untuk itu, simak ketentuan kegiatan investasi saham bisa halal, apabila: 

  • Perusahaan benar-benar ada dan telah aktif beroperasi. 
  • Kegiatan operasional perusahaan tidak mengandung unsur yang melanggar syariat islam, seperti riba, dsb. 
  • Investor melakukan investasi dengan cara yang diperbolehkan menurut islam. 
  • Tidak berhutang untuk membeli saham yang diinginkan. 
  • Harga saham tertera jelas dan uang transaksi yang sesuai. 
  • Harus ada ijab kabul transaksi atau kesepakatan kedua belah pihak. 

Ketika Anda mengesampingkan 4 ketentuan tersebut, dikhawatirkan kegiatan investasi saham ini menjadi haram. Perhatikan dengan seksama sebelum memutuskan untuk membeli saham tersebut. Cek keberadaan perusahaan dan kegiatan operasionalnya yang tidak boleh melanggar ketentuan syariat islam. 

2. Alasan Investasi Saham Haram 

Anda tentu sudah dapat menilai bahwa ketentuan tersebut dilanggar maka kegiatan investasi saham diharamkan. Akan tetapi, MUI juga telah mengeluarkan sejumlah ketentuan yang menjadikan trading saham tersebut haram untuk dilakukan. Untuk mengetahui ketentuan investasi saham bisa menjadi haram, simak ulasannya: 

  • Kegiatan investasi saham dilakukan atas dasar perjudian, bukan untuk kegiatan investasi atau simpanan masa depan. 
  • Membeli saham dari perusahaan yang mengandung unsur riba, seperti perbankan dan asuransi konvensional. 
  • Kegiatan operasional perusahaan tidak jelas, memproduksi barang haram, ataupun bertujuan untuk merusak moral dan membawa keburukan untuk konsumen. 
  • Pembayaran saham melebihi/kurang dari harga saham yang seharusnya. 

Anda haruslah sangat menghindari hal tersebut agar kegiatan investasi saham tersebut masuk dalam kategori halal. Jika masih khawatir akan investasi saham halalakah atau tidak, bisa memilih saham syariah saja. Anda tidak khawatir akan hukum dari kegiatan investasi dari saham syariah, karena seluruh kegiatannya telah berdasarkan syariat islam. 

Itulah informasi mengenai hukum investasi saham halalkah atau haram yang menjadi hal krusial bagi investor muslim. Anda bisa menggunakan broker saham syariah yang seluruh sistem kegiatan investasi hingga saham tersedia telah berdasarkan ketentuan islam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.