beli saham luar negeri dari indonesia

Cara Beli Saham Luar Negeri dari Indonesia dan Brokernya

Masyarakat Indonesia kini sudah bisa menikmati saham dari perusahaan luar negeri. Beli saham luar negeri dari Indonesia kini bukan hanya sekedar angan-angan saja. Mengingat kemajuan teknologi yang terus berkembang, menjadikan banyak perusahaan di luar negeri yang mengizinkan investor dari luar negaranya berinvestasi.

Potensi keuntungan ketika memiliki saham dari perusahaan luar negeri tentu saja sangat tinggi. Menariknya, investor tidak perlu mengunjungi Wall Street untuk bisa membeli saham luar negeri. Simak penjelasan berikut ini: 

Cara Beli Saham Luar Negeri dari Indonesia

Saat ini membeli saham luar negeri sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan melalui ponsel. Sebab beberapa broker sudah memiliki aplikasi tertentu yang akan memudahkan bagi investor untuk membeli saham dari Indonesia. Berikut cara untuk membeli saham luar negeri dari Indonesia:

1. Memilih Broker Internasional

Langkah awal untuk menjadi investor dari saham luar negeri adalah dengan memilih broker internasional. Perlu diketahui, perusahaan sekuritas internasional ini tidak memiliki izin OJK. Maka dari itu, pastikan untuk mencari tahu tentang perusahaan tersebut dengan baik. Agar terhindar dari penipuan.

Terlepas dari itu, calon investor bisa melihat dari layanan konsumen yang diberikan. Perusahaan sekuritas yang baik, tentunya akan memberikan layanan konsumen yang baik juga. Sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

2. Membuka Rekening Saham

Seperti halnya ketika membeli saham di Indonesia, untuk beli saham luar negeri dari Indonesia juga perlu memiliki Rekening Dana Nasabah (RDN) terlebih dahulu. RDN ini dibuat oleh broker internasional. Untuk membuatnya, investor perlu menyiapkan KTP, NPWP serta tanda tangan digital.

Kemudian mengisi formulir dan verifikasi lewat email. Proses ini akan berlangsung selama beberapa hari kerja. Ketika RDN berhasil dibuat, maka investor sudah bisa memulai untuk melakukan transaksi saham luar negeri.

3. Melakukan Top Up

Berikutnya, investor perlu melakukan top up dana ke rekening saham yang dimiliki. Umumnya, perusahaan sekuritas internasional akan menggunakan layanan virtual account dari bank besar di Indonesia.

Dalam hal ini, investor bisa menentukan sendiri jumlah dana yang hendak ditransfer. Pastikan untuk menyesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

4. Memilih Saham yang Tepat

Ketika memutuskan untuk membeli saham luar negeri, maka bersiaplah dihadapkan dengan banyak pilihan. Sebab, ada ribuan saham yang dapat dipilih. Mulai dari saham Amerika, Jepang, China, Korea Selatan dan negara-negara besar lainnya.

Pastikan untuk melakukan analisis terhadap performa dari perusahaan yang akan dipilih. Bukan hanya itu, selalu cari informasi terkait situasi ekonomi di seluruh dunia. Sebab, bukan tidak mungkin saham dari perusahaan besar juga bisa turun.

Rekomendasi Broker Saham Luar Negeri

Ada beberapa perusahaan sekuritas internasional yang bisa dipilih. Dengan begitu investor bisa beli saham luar negeri dari Indonesia dengan lebih mudah. Broker ini sangat terpercaya sehingga direkomendasikan oleh para investor profesional. Berikut adalah beberapa broker internasional yang dapat dipilih:

  • eToro: minimal setoran cukup terjangkau, yaitu $200 atau sekitar Rp 2,8 juta. Adapun penarikan dana membutuhkan biaya $5.
  • Saxo Bank: setoran minimal adalah $3.000 atau Rp 42 juta. Nasabah akan dikenakan biaya per tahun 0,12-0,25 persen serta penarikan dana EUR 5 atau Rp 83 ribu.
  • TradeStation: minimal setoran $2.000 atau Rp 29 juta. Di dalamnya tersedia jual beli forex, reksadana, kripto, obligasi serta ETF.
  • GoTrade: deposit awal $10 atau setara dengan Rp 150 ribu. Dalam broker ini tidak dikenakan biaya apapun termasuk ketika jual beli saham.

Itulah cara beli saham luar negeri dari Indonesia yang mudah dilakukan, yakni dengan memanfaatkan perusahaan sekuritas internasional. Jika tertarik untuk menjadi investor dari perusahaan-perusahaan besar, maka bisa segera mendaftar ke broker terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published.