aplikasi analisa fundamental saham

6 Aplikasi Analisa Fundamental Saham, Investor Pemula Merapat!

Aplikasi Analisa Fundamental Saham – Sebelum mengambil keputusan apapun, seorang investor saham wajib melakukan analisa fundamental, di samping analisa teknikal. Ada beberapa aplikasi analisa fundamental saham yang kini mempermudah para investor untuk mengambil keputusan. 

Analisa fundamental memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun, fungsinya sangat penting karena bisa membuat investor tahu seperti apa prospek saham kedepannya. Jadi, daripada bingung dan mengalami kendala dalam hal ini maka pakai saja aplikasi yang mempermudah. 

Aplikasi Analisa Fundamental Saham

Kemajuan teknologi zaman sekarang memang memberi banyak kemudahan bagi para investor maupun trader. Selain menyediakan aplikasi atau platform trading, ada juga yang hadir memberi fasilitas kemudahan analisa. Berikut adalah 6 aplikasi analisa fundamental saham yang direkomendasikan:

1. Marketwatch

Pilihan pertama ada aplikasi Marketwatch yang sudah berdiri sejak tahun 1997 lalu. Aplikasi ini menyediakan informasi lengkap mengenai saham dan bisnis. Pengguna harus membayar biaya langganan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan update informasi yang lengkap. 

Marketwatch juga dilengkapi dengan virtual trading. Melalui fitur ini, pengguna bisa melakukan latihan trading dan investasi. Meskipun latihan, namun analisa fundamental yang dilakukan tetap nyata sesuai kondisi yang ada. 

2. Yahoo Finance – Aplikasi Analisa Fundamental Saham

Berikutnya ada aplikasi Yahoo Finance yang merupakan bagian dari Yahoo. Melalui aplikasi ini Anda bisa mengakses berita pasar saham dan finansial yang akurat. Ada beberapa pilihan akun mulai dari akun gratis hingga berbayar. 

Lewat Yahoo Finance ini, trader bisa mengambil informasi penting untuk digunakan saat trading. Fiturnya juga lengkap, terutama untuk akun berbayar dimana ada fitur charting, data khusus perusahaan, dan laporan keuangan yang bisa diunduh. 

3. Seeking Alpha

Rekomendasi aplikasi berikutnya adalah Seeking Alpha. Aplikasi ini didirikan oleh mantan analis Wall Street bernama David Jackson. Sangat populer dan digunakan oleh trader saham dari berbagai negara.

Namun perlu diketahui bahwa ada yang berbeda dari aplikasi analisa fundamental lainnya. Seeking Alpha ini menyediakan data analisa yang tidak berasal dari para ahli. Data yang ditampilkan datang dari para investor karena perusahaan ini menerapkan prinsip pengembangan investasi bersama-sama. 

4. IDN Financial – Aplikasi Analisa Fundamental Saham

Berikutnya ada aplikasi analisa yang dibuat langsung oleh anak bangsa. IDN Financial ini dikembangkan oleh PT AP&M Indonesia. Di dalamnya terdapat banyak informasi terkait pasar saham Indonesia. 

Aplikasi ini paling banyak direkomendasikan untuk investor pemula. Selain mudah diakses, informasi di dalamnya juga mudah untuk dipahami. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan akun gratis terlebih dahulu sebelum beralih ke akun berbayar. 

5. Bloomberg

Trader juga dapat melakukan analisa fundamental dengan mengandalkan Bloomberg. Fasilitas ini datang dari perusahaan media terlama yang sudah menyajikan data finansial dan investasi sejak tahun 1981 silam. 

Lewat aplikasi ini, investor bisa menemukan berita bisnis dan investasi lengkap. Selain itu ada juga data pasar lengkap mulai dari saham, forex, crypto, dan masih banyak lagi. 

6. Data Saham Indonesia

Investor asal Indonesia juga bisa memanfaatkan aplikasi Data Saham Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan Kajo Kangin Studio di tahun 2015 lalu. Fitur yang disediakan sangat lengkap dan benar-benar membantu trader.

Lewat aplikasi ini trader bisa menemukan indikator teknis dengan beragam jenis time frame. Ada candlestick chart yang bisa dipantau terus. Kemudian ada juga berbagai data indikator fundamental yang bisa dijadikan acuan. 

Silakan pilih mana aplikasi analisa fundamental saham yang paling efektif dan mudah untuk digunakan. Pastikan untuk memanfaatkan fitur yang ada agar bisa mengoptimalkan pencapaian profit lewat aktivitas trading saham tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.